SMP/MTs : SMP Negeri 1 Gudo
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
Indikator :
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
B. Materi Pembelajaran
Tampilan menu dan ikon
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan ke dua ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
3. Kegiatan Penutup
E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja
F. Penilaian
1. Tehnik : Unjuk kerja
2. Soal/Instrumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP) ini dibuat oleh : NASRUDDIN
Jabatan : Guru TIK SMP Negeri 1 Gudo
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
Indikator :
- Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar
- Mengidentifikasi menu dan ikon pada standar menu
- Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu
- Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Menemukan tampilan ikon dan menu bar pada perangkat lunak pengolah kata
- Menemukan tampilan ikon dan menu bar standar pada perangkat lunak pengolah kata
- Menemukan tampilan ikon dan menu bar formating pada perangkat lunak pengolah kata
- Menemukan tampilan ikon dan menu bar drawing pada perangkat lunak pengolah kata
B. Materi Pembelajaran
Tampilan menu dan ikon
- Tampilan menu dan ikon pada menu bar
- Tampilan menu dan ikon pada standar menu
- Tampilan menu dan ikon pada formating menu
- Tampilan menu dan ikon pada menu drawing
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mengamati tampilan menu dan ikon bar yang terdapat di program pengolah kata
- Mengidentifikasi dan mencatat tampilan menu dan ikon bar yang terdapat di program pengolah kata
- Mengamati tampilan menu dan ikon toolbar standard yang terdapat di program pengolah kata
- Mengidentifikasi dan mencatat tampilan menu dan ikon tollbar standar yang terdapat di program pengolah kata
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang pengamatan yang dilakukan terhadap menu dan ikon pada program pengeloh kata
Pertemuan ke dua ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
- Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mengamati tampilan menu dan ikon toolbar formating yang terdapat di program pengolah kata
- Mengidentifikasi dan mencatat tampilan menu dan ikon toolbar formating yang terdapat di program pengolah kata
- Mengamati tampilan menu dan ikon toolbar drawing yang terdapat di program pengolah kata
- Mengidentifikasi dan mencatat tampilan menu dan ikon toolbar drawing yang terdapat di program pengolah kata
3. Kegiatan Penutup
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang pengamatan yang dilakukan terhadap menu dan ikon pada program pengeloh kata
E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket, lembar kerja
F. Penilaian
1. Tehnik : Unjuk kerja
2. Soal/Instrumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP) ini dibuat oleh : NASRUDDIN
Jabatan : Guru TIK SMP Negeri 1 Gudo
0 komentar:
Posting Komentar